Monday, March 9, 2009

MAIA - SANG JUARA


DI album ketiganya ini MAIA mencoba mengeksplorasi unsur2 musik lain selain yg sudah2 (Album pertama r n b dan kedua rock). Di album SANG JUARA ini MAIA menggebrak dgn irama timur tengah yg di mix dgn disco senada dgn lagu Mulan Jameela "Makhluk Tuhan Paling Seksi" pada No. Penghianat Cinta. Hit terbaru Maia ini memang HOT, dibuat untuk bergoyang. Sangat dominan di musik dan vocal terkesan hanya sebagai "pelengkap' saja.Tapi tetap enak buat didengar, apalagi dgn suara khas perawan bule Cinta Laura Kiehl.Andai dia menjadi vokalis MAIA yg tetap, alangkah indahnya masa depan MAIA.

Yang menarik, MAIA berusaha menembus ke pasar "menengah ke bawah' dgn merecycle lagu dangdut lawas Jamal Mirdad yg berjudul "Yang Penting Happy". Di tangan Jamal, memang lagu itu cocok utk kalangan "bawah sekali", lagu ini populer di kalangan (maaf) tukang becak, supir2 dan pembantu pada era 80an.Tapi di tangan MAIA yg dingin, lagu ini disulap a la disco yg asyik didengar untuk semua kalangan, bahkan utk menengah ke atas. Btw, memang pada jaman sekarang kalangan atas di Indonesia sudah menurun sekali seleranya di banding kalangan atas thn 80an yg hanya mau mendengar karya2 "state of the art" musisi Indonesia macam Chrisye, Vina, Andi Meriem, Fariz RM, Guruh Sukarno Putra and the gang. Lagi-lagi pada lagu ini musik lebih dominan daripada vocal, tanpa mengecilkan peran Maia or Mey Chan.

Pada album ini terdapat satu No. mellow yg asyik buat didengar, yaitu Serpihan Sesal. Terlihat sekali ambisi Maia utk menjadi penyanyi dan bukan hanya sbg. sang "empunya hajat".Di lagu ini Maia bernyanyi SENDIRI.Satu hal yg belum pernah dilakukannya pada album2 sebelumnya. Terlepas dari soal tekhnik, kentara sekali Bunda Maia SANGAT menjiwai lagu ini.Sepertinya Maia menulis pengalaman pribadinya sendiri di sini, walaupun tersamar. Pada liriknya antara lain: ..Sedang apakah dirimu, mengapa tak ada kabar, Mengapa kau tak jua datang..Memang aku yang bersalah, ku tak bisa tanpamu..Mungkinkah Maia masih mencintai Dhani dan ingin kembali?

Satu No. yg cukup menarik adalah title track "SANG JUARA" di mana Maia Estianty dipuji Menpora Adhyaksa Dault. Maia berharap agar lagu itu bisa dipakai pada kejuaraan olahraga di Indonesia dan bisa menggeser lagu 'We Are the Champion' milik Queen.

"Di setiap event olahraga di Indonesia, selalu menggunakan lagu orang luar, orang asing. Kayak We Are the Champion, Queen. Makanya aku terinspirasi dari situ," kisah Maia saat ditemui di kantor Menpora, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (2/3/2009).

Maia menulis Sang Juara untuk memajukan mental olahragawan Indonesia. Bukan hanya untuk olahragawan, lagu tersebut juga didedikasikan untuk siapapun orang Indonesia yang berprestasi.

"Saya bangga punya artis seperti dia karena mempunyai mental juara," begitu pujian yang meluncur dari bibir Adhyaksa Dault.

Lebih dari itu, Menpora pun meminta Maia membawakan lagu "Sang Juara" di acara Hari Olahraga Nasional, 11 September mendatang 'Sang Juara.'

Maia berencana untuk menggandeng artis Tamara Bleszynski untuk membintangi video klip 'Sang Juara', karena dia adalah Duta Tinju Indonesia untuk saat ini.

Di bawah ini video klip single pertama dari album Sang Juara "Penghianat Cinta".Goyang maaang!!

No comments:

Post a Comment